Akhir-akhir ini, outbound training
menjadi salah satu metode pelatihan yang palingboomingdi Indonesia.
Banyak sekali manajemen perusahaan yang melirik dan menginvestasikan
training karyawannya melalui outbound training atau kegiatan manajemen
outbound training. Metode experential learning dalam bentuk outbound
training yang satu ini mampu menghadirkan nuansa baru dengan kemasan
berbeda dibanding training konvensional selama ini, hanya di dalam
kelas, formal dan membosankan (kadang-kadang bikin ngantuk)
Bermain tapi bukan main-main. Fun tapi
full learning point. Inilah unsur lebih manajemen outbound training yang
ditawarkan. Belajar melalui proses mengalami sendiri (outbound
training), berinteraksi secara intens sambil belajar dengan rekan
sehari-hari dalam pekerjaan melalui simulasi game outbound yang
dilakukan di alam terbuka, adalah pengalaman penuh makna.
Dalam tulisan kali ini, saya tidak akan
menyoroti outbound training dari konsep dan konten secara mendetail.
Namun lebih pada pandangan klien selama ini dan peta kebutuhan terhadap
outbound training. Paling tidak, sejauh pengamatan dan pengalaman saya
berinteraksi dengan para klien pengguna jasa outbound training ini,
klien terbelah menjadi dua kubu. Pada dua kutub yang berbeda.
Kubu yang pertama melihat bahwa result
outbound training tidak jelas. Ciri ungkapan maupun pertanyaan yang
sering terlontar adalah apa manfaatnya outbound training? Sejauh mana
efektifitasnya? Kok paling banter perubahan yang terjadi paling lama
bertahan 1 bulan saja, bahkan hanya 2-3 minggu? Padahal investasi yang
telah dikeluarkan tidaklah kecil, mengingat outbound training ini
biasanya diikuti oleh peserta yang relatif besar jumlahnya.
Sementara kubu yang lain melihat bahwa
outbound training adalah sesuatu bentuk pembelajaran yang menarik dan
positif. Outbound training atau manajemen outbound training training
bagi mereka mampu menawarkan solusi untuk mengurai akar dari kekusutan
’benang kerjasama tim’ yang mulai koyak bahkan hampir putus. Sekali
putus, berabe sekali efeknya,karena melibatkan banyak pihak yang saling
mengait di dalamnya. Tak ayal klien tetap saja selalu mencari atau
membutuhkan outbound training ini. Apalagi dimasa akhir tahun, outbound
training sangat dicari meski kadang bermertamofosis menjadi outing (atau
gathering perusahaan).
RAYAENAM Training & Outing
Organizer sebagai salah satu penyedia jasa outbound, selalu berusaha
memberikan yang terbaik untuk kemajuan dan perkembangan perusahaan
ataupun lembaga anda.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar