Jumat, 04 Maret 2011

SONGA RAFTING, Wisata Arung Jeram Probolinggo

Di Jawa timur ada tempat rafting yang sangat indah, airnya bening, dan alam nya sangat eksotis. Namanya sungai pekalen.
Rafting di pekalen. Bagi para pecinta olahraga yang menantang, bukanlah tempat yang asing berarung jeram. Namun bagi yang belum pernah, rafting di sungai pekalen ini akan sangat sangat berkesan.
Sungai pekalen terletak di Dusun Angin-angin, Desa Ranu Gedang dan berakhir di Dusun Gembleng, Desa Pesawahan atau Desa Condong, Kecamatan Gending. Lama perjalanan untuk mencapai sungai ini kurang lebih 3 jam jika kita berada di kota Surabaya atau Malang.
Rafting Pekalen dibagi menjadi 3 bagian untuk rafting, ada pekalen atas, pekalen tengah dan pekalen bawah. Jarak dari trip rafting nya pun berbeda. Untuk pekalen atas trip nya 12 km, Pekalen tengah 7 km Dan pekalen bawah 10km.

Untuk rafting pekalen bawah Terdapat 32 jeram yang akan dilalui sepanjang jalur peraftingan. Masing-masing jeram punya nama sendiri. Pemberian nama-nama jeram tersebut tergolong unik, yaitu berdasarkan peristiwa yang terjadi ketika melakukan pengarungan. Misalnya, sebuah jeram bernama Jeram Indosat. Nama tersebut diberikan karena di jeram tersebut seorang petinggi Indosat terjatuh kedalam air.
Untuk pekalen tengah, yang 7 km biasanya digabungkan dengan pekalen bawah. karena jarak tempuhnya yang hanya 7 km , pasti akan terasa sangat tidak memuaskan hati.

Di Pekalen Atas. memiliki tingkat yang lebih tinggi untuk berarung jeram dibandingkan dengan Pekalen Bawah. namun di pekalen atas kita dapat rafting dan melewati air terjun yang sangat indah. Jarak pengarungan dari Start-Finish kurang lebih 12 kilometer yang ditempuh selama 3 jam. Rafting di pekalen tidak perlu banyak banyak mendayung, seperti halnya rafting di daerah jawa barat, karena di sungai pekalen atas jeram nya ada 55 buah seperti Welcome, Batu Jenggot, Pandawa, Rajawali, Xtravaganza, KPLA, Tripple Ace, The Fly Matador, Hiu, Cucak Rowo, Long Rapid, Good Bye. Ada pula Jeram Inul, disebut demikian karena untuk melewati jeram itu, setiap peserta harus “bergoyang bak Inul”.

Seperti biasa untuk rafting kita akan debriefing mengenai aba-aba untuk rafting, seperti dayung maju, mundur, stop, boom dan lain-lain

Di pekalen atas yang sangat special adalah kita dapat melihat indahnya 10 air terjun, saya dulu juga sempat tidak percaya. Namun setelah menghitung sendiri. Dan Betul ada 10 air terjun nya,
Yang serunya kita bukan hanya melihat air terjun. Tapi kita rafting dengan melewati air terjun ini. Pertama kita akan melewati jeram yang kemudian kita akan sampai dibalik air terjun. Kemudian kita harus menyebrang melewati air terjun. Namun kali ini kita akan merasakan derasnya air terjun, karena oleh guide-nya, peserta sengaja diberhentikan tepat di bawah derasnya guyuran air terjun.

Rasanya Mantap dan dahsyat
Dijamin semua peserta akan langsung dapat merasakan segar dan derasnya guyuran air terjunnya.
Selain itu kita juga dapat melihat Goa kelelawarnya dengan ratusan kelelawar yang sekali-kali memekik dan beterbangan kesana-kemari. Bau anyir dari kelelawar dan kotorannya begitu terasa ketika melewati sana.
Pokoknya rafting di sungai pekalen adalah tempat yang sangat spektakuler, menurutku pekalen merupakan salah satu sungai terindah di Indonesia yang harus kita kunjungi.

Sebagai informasi tambahan.
Sungai pekalen bersumber dari mata air gunung Lamongan dan Argopuro di Jawa Timur. menurut penduduk setempat memiliki cerita historis dimana Sang Prabu Hayam Wuruk dan Mahapatih Gajahmada pernah singgah di sungai tersebut. Ada juga legenda yang menyebutkan bahwa sang Ratu Dewi Rengganis yang pernah membangun istana pernah singgah ke sungai ini sebelum melarikan diri ke gunung Argopuro. Sampai sekarang penduduk sekitar masih meyakini adanya tempat pemandian sang dewi, di tempat tersebut.
Sungai pekalen merupakan sungai permanen, karena dapat diarungi meskipun pada musim kemarau dengan arus yang tidak terlalu deras. Lain halnya pada bulan Januari hingga April dengan debit air yang tinggi arus air menjadi lebih deras karena musim penghujan. Sungai ini dikategorikan memiliki tingkat kesulitan (grade) II sampai dengan III +

Bagaimana ? Tertarik ?

Buruan hubungi : (031) 7145 3654, 081 7585 446, 081 357 225 708

Tidak ada komentar:

Posting Komentar