Jumat, 22 April 2011

PERTANYAAN SEPUTAR KEGIATAN ARUNG JERAM / RAFTING

Banyak diantara kita yang pasti memiliki pertanyaan tentang kegiatan satu ini. Diantaranya adalah:

  1. Apakah kegiatan arung jeram aman?
  2. Saya tidak dapat berenang, dapatkah saya mengikuti kegiatan arung jeram?
  3. Seberapa sehat saya untuk mengikuti kegiatan arung jeram? Apakah harus pada kondisi yang prima?
  4. Apa yang harus saya kenakan saat mengikuti kegiatan arung jeram?
  5. Saya belum pernah mengikuti kegiatan arung jeram. Sungai dengan tingkat kesulitan manakah yang cocok untuk saya?
  6. Saya memiliki keluarga dengan anak yang masih kecil. Dapatkah mereka mengikuti kegiatan arung jeram?
Nah untuk lebih jelasnya silakan DIBACA ..

1). Apakah kegiatan arung jeram aman?
Arung jeram adalah kegiatan yang menggairahkan, mengasyikkan, sedikit liar dan menyenangkan. Seperti pada kegiatan petualangan lainnya, arung jeram tetap memiliki resiko dan bahaya. Namun resiko tersebut justru menambah semangat dan menjadi perangsang bagi para penggiat kegiatan ini, sehingga bukan menjadi alasan mengapa orang-orang tidak menyukai kegiatan arung jeram.
Seorang pemandu arung jeram (skipper/kapten) yang telah berpengalaman akan berusaha untuk meminimalisasi resiko dan bahaya. Bahkan secara statistik, anda akan lebih aman mengikuti kegiatan arung jeram dibandingkan dengan berkendara didalam kota. Seorang pegawai pemerintahan di Amerika mengutarakan pada suatu penelitian, bahwa angka kecelakaan untuk kegiatan arung jeram masih jauh dibawah sepak bola! Namun tentu saja masih ada resiko dan anda harus menerima resiko tersebut saat berada di sungai.

2). Saya tidak dapat berenang, dapatkah saya mengikuti kegiatan arung jeram?
Setiap orang yang mengikuti kegiatan arung jeram yang telah dikelola secara komersil akan selalu mengenakan pelampung (Life Jacket) yang memiliki daya apung tinggi. Pelampung ini akan tetap menjaga anda berada diatas permukaan air, bahkan pada saat anda terlempar dari perahu dan tercebur ke sungai.
Banyak orang yang tidak dapat berenang mengikuti kegiatan arung jeram dan mereka sangat menikmatinya. Yang paling penting adalah anda tidak panik saat terlempar dari perahu dan tercebur ke sungai. Namun orang yang tidak dapat berenang tidak dianjurkan mengikuti kegiatan arung jeram pada sungai yang memiliki tingkat kesulitan class IV atau class V, dan cukuplah menikmati jeram dengan mengenakan pelampung pada sungai dengan tingkat kesulitan class II – class III.

3). Seberapa sehat saya untuk mengikuti kegiatan arung jeram? Apakah harus pada kondisi yang prima?
Dalam kegiatan arung jeram selalu menggunakan dayung. Ini artinya anda akan memegang dayung dan melalukan pendayungan saat berada di atas perahu. Anda tentunya harus berada pada kondisi yang sehat dan fit saat mengikuti kegiatan arung jeram. Mendayung dapat menyebabkan kelelahan, tetapi pemandu akan memberikan instruksi pada anda teknik mendayung. Sehingga tidak selamanya saat anda berada diatas perahu akam melakukan pendayungan.
Jika anda merasa ragu dengan kemampuan untuk mengikuti kegiatan arung jeram, atau tentang kesehatan anda, sebaiknya anda melakukan cek kesehatan terlebih dahulu sebelum mengikuti kegiatan arung jeram

4). Apa yang harus saya kenakan saat mengikuti kegiatan arung jeram?
Hal ini tergantung pada kondisi saat berlangsungnya kegiatan, yaitu suhu air dan cuaca. pada Cuaca yang panas dengan suhu air yang dingin, disarankan untuk mengenakan wet suit. Pada cuaca yang dingin dan suhu air yang dingin, serta pada sungai class V, kenakan wet suit yang dikombinasi dengan jaket yang khusus untuk kegiatan arung jeram. Dianjurkan pula untuk mengenakan pakaian dari bahan synthetic fleece, polypro, capilene atau wool pada bagian dalamnya. Jangan mengenakan pakaian dari bahan katun karena akan membuat anda kedinginan.

Pada cuaca yang hangat dan suhu air yang tidak terlalu dingin, sebaiknya kenakan pakaian olahraga dan T-Shirt. Jangan lupa untuk memakai sunscreen, tetapi jangan gunakan dikening karena saat terkena air akan berbahaya bila terkena mata anda, atau menggunakannya pada kaki bagian belakang, hal ini dapat menyebabkan anda terpeleset. Kenakan pula sepatu olahraga atau sepatu jogging, atau bila anda memiliki sepatu khusus untuk kegiatan arung jeram akan lebih baik lagi. Tidak dianjurkan mengenakan sandal, karena tidak memberikan banyak proteksi bahkan sedikit menyulitkan bila dipakai berenang. Untuk anda yang berkacamata, disarankan untuk memberikan pengait/tali pada kacamata anda agar tidak mudah terlepas.

5). Saya belum pernah mengikuti kegiatan arung jeram. Sungai dengan tingkat kesulitan manakah yang cocok untuk saya?
Sebagai awal, mulailah pada sungai dengan tingkat kesulitan class II atau class III. Jika anda merasa yakin dengan kemampuan yang anda miliki, sehat dan haus akan tantangan, anda dapat mencoba sungai dengan tingkat kesulitan class IV, meskipun belum memiliki pengalaman sebelumnya. Karena pemandu akan melatih anda terlebih dahulu dan menjelaskan bagaimana cara penyelamatan di sungai serta teknik mendayung.
Sedang untuk sungai dengan class V, anda harus memiliki pengalaman pengarungan sungai dengan tingkat kesulitan class IV terlebih dahulu

6). Saya memiliki keluarga dengan anak yang masih kecil. Dapatkah mereka mengikuti kegiatan arung jeram?
Banyak operator arung jeram menawarkan paket arung jeram keluarga, dimana anda dapat membawa serta anak anda walau masih berumur 6 tahun. Setiap sungai yang dikelola secara komersil oleh operator arung jeram memiliki paket-paket dengan batas minimal umur peserta kegiatan, seperti 6 tahun, 10 tahun atau 14 tahun.


7). Saya seorang yang cukup berumur. Dapatkah saya mengikuti kegiatan arung jeram?
Untuk kesehatan, orang tua yang masih aktif dan berumur lebih dari 60 tahun masih boleh mengikuti kegiatan arung jeram. Sebagai langkah awal, cobalah pengarungan pada sungai dengan tingkat kesulitan class I-II. Selanjutnya tergantung pada apa yang dirasakan setelah melakukan pengarungan tersebut. Anda boleh mencoba pengarungan pada sungai dengan tingkat kesulitan class III. Karena cukup banyak peserta yang berumur 60-an sampai 70-an menikmati kegiatan arung jeram, tentunya pada sungai-sungai dengan tingkat kesulitan rendah.

8). Apa yang terjadi pada paket pengarungan khusus? Bagaimana pengaturan perahunya?
Anda akan bertemu dengan pimpinan perjalanan (Trip Leader) pada waktu dan tempat yang telah ditentukan oleh operator arung jeram yang anda hubungi. Kemudian anda akan menaiki kendaraan yang telah disiapkan untuk menuju titik start pengarungan. Saat menuju ke lokasi start, Trip Leader akan menjelaskan pada anda beberapa informasi penting seperti keselamatan saat berarung jeram. Umumnya informasi ini disampaikan selama 20 menit. Selanjutnya anda akan menuju perahu yang memuat 6-8 orang dan seorang pemandu. Pemandu yang menyertai tersebut akan memberikan instruksi lanjutan tentang cara memegang dayung dan menggunakannya saat pengarungan, dan bagaimana mengikuti perintah yang dia berikan. Selanjutnya anda akan melakukan pengarungan sampai dengan titik finish.

9). Berapa besar kemungkinan saya terlempar dari perahu? Dan apa yang harus saya lakukan jika saya terlempar?
Percaya atau tidak, banyak orang yang menyukai saat terlempar keluar dari perahu! Ini sangat mengasyikkan. Pada awalnya memang dapat menyebabkan disorientasi dan sedikit kewalahan. Namun banyak pula orang yang sudah berkali-kali mengikuti kegiatan arung jeram dan tidak pernah terlempar keluar perahu. Beberapa orang hanya berenang pada pengarungan pertama mereka karena tidak mampu naik kembali keatas perahu atau karena tertinggal jauh dari perahu yang melemparkannya. Ini adalah bagian dari sebuah kegiatan arung jeram.
Sebelum anda memulai pengarungan, anda akan diberikan instruksi apa yang harus anda lakukan jika anda terlempar keluar dari perahu, dan bagaimana berusaha agar tetap aman. Ikuti semua instruksi pemandu anda, dan jika anda tetap terlempar keluar perahu, maka berenang akan lebih mengasyikan dalam pengarungan anda!

10). Bolehkan saya membawa kamera atau video kamera?
Kami tidak menganjurkan anda untuk membawa video kamera, atau kamera mahal saat pengarungan. Karena akan mudah rusak bila terkena air dan ini akan merugikan anda, kecuali jika anda memiliki kamera khusus untuk kegiatan outdoor yang tentunya dirancang agar anti air. Pada beberapa perusahaan operator arung jeram, mereka telah menyiapkan photographer yang akan mengabadikan kegiatan pangarungan anda yang selanjutnya dapat dilihat atau dipesan setelah selesai pengarungan.

11). Haruskah saya memberikan tips pada pemandu saya?
Pemberian tips bukanlah sesuatu yang diharapkan, tapi tentunya akan sangat dihargai oleh pemandu, yang telah bekerja keras dalam memandu anda, membuat anda gembira dan juga membuat anda aman selama pengarungan. Jika anda merasa pemandu anda telah melakukan pekerjaan dengan baik, menyenangkan anda dan berbagi pengalaman yang menakjubkan selama pengarungan … then feel free to show your appreciation!

12). Kemana atau dimana saya bisa melakukan reservasi / booking kegiatan arung jeram / rafting ?
Untuk informasi dan reservasi, anda bisa langsung menghubungi :  
Mas. Bagus (031) 71453654, 0817585446, 081357225708

SELAMAT BERWISATA ARUNG JERAM !......

Tidak ada komentar:

Posting Komentar