Sabtu, 19 Mei 2012

MENGENALI KREATIVITAS

Hampir semua orang bicara tentang kreativitas. Bahkan dalam persepsi banyak orang, kreativitas adalah salah satu syarat penting untuk bisa menjadi orang yang berharga, baik dalam karir maupun dunia usaha. Jadi apa sesungguhnya kreativitas itu?
Berikut adalah sekilas info seputar pengertian dan makna kreativitas.
  • Kreativitas adalah ekspresi alami setiap orang. Seorang bocah yang diamati sejak usia dini telah menunjukan keingintahuan yang tinggi dan sangat terbuka terhadap lingkungannya. Jika keinginan itu dibiarkan bebas di alam intuisi kekanakannya, mungkin si anak akan mampu melahirkan sebuah aktivitas tertentu seusai dengan daya imajinasi dan intusisinya. Apa yang dilakukannya adalah sebuah bentuk kreativitas yang dilakukan dengan antusiasme seorang bocah.
  • Kreativitas adalah sesuatu yang seringkali hilang untuk waktu yang panjang. Ketika menjadi dewasa, kita seringkali merasakan banyak faktor eskternal yang mempengaruhi dan menyebabkan kita tumpul, tak bisa berpikir kreatif dan kehilangan inisiatif. Andai bisnis yang kita bangun tengah melaju bagus ke milenium ketiga, mungkin kita malah tak berusaha mengembangkannya jika memang sedang kehilangan kreativitas ini.
  • Kreativitas adalah bagian integral dari keberhasilan sebuah tim. Kreativitas selalu menjunjung tinggi nilai keaslian, ekspresif dan daya imajinatif. Sebuah organisasi, apapun bentuknya, seharusnya bisa mengembangkan sinergi ini di semua lapisan anggotanya agar bisa menarik keuntungan lebih dari keahlian, bakat dan kearifan yang dimiliki para anggotanya. Urun rembug gagasan akan melahirkan kebanggaan bersama dalam dunia kerja dan meningkatkan kerjsama tim.
  • Kreativitas adalah metode mencapai sasaran. Satu aspek terpenting dalam upaya mencapai target organisasi adalah secara terus menerus memberikan nilai terhadap setiap kontribusi dan kreativitas anggota organisasi. Pengembangan kreativitas akan selalu melahirkan banyak metode baru dengan model pendekatan yang berbeda dan unik dalam penyelesaian suatu masalah.
  • Kreativitas adalah proses memunculkan sesuatu yang baru agar diakui ada. Agar sebuah kreativitas diakui ada, kelompok anggota perlu membangun motivasi di setiap level tentang pendekatan penyelesaian masalah seberapa menjemukan pun pekerjaan itu. Semakin beragam informasi dan gagasan yang diturunkan oleh sebuah kelompok, maka semakin besar peluang untuk melahirkan sebuah kreativitas.
  • Kreativitas adalah sebuah gagasan yang mengilhami munculnya gagasan yang lain. Sebagai upaya mengembangkan kreativitas di kalangan karyawan ada baiknya mereka dirangsang untuk ikut memikirkan bagaimana organisasi dikembangkan, bagaimana mereka merasa ikut memiliki organisasi dan memiliki komitmen penuh terhadap organisasi.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar